TikTok Creator Search Insights, Ini Cara Kerja Fitur Terbaru TikTok

Platform TikTok mengalami perkembangan dari media sosial biasa menjadi tempat utama bagi banyak orang untuk mencari dan menemukan informasi. Seiring dengan perkembangannya, TikTok mengeluarkan banyak fitur yang bisa membantu content creator.

Baru-baru ini, TikTok merilis sebuah fitur baru bernama Creator Search Insight. Yuk, pelajari apa saja manfaat serta cara kerja fitur tersebut agar kamu bisa menghasilkan konten-konten FYP.

Baca Juga: Mau Jadi Content Creator yang Sukses di Tahun 2024? Simak Tips Ini Yuk!

Apa itu Creator Search Insights

 

Pada awal tahun 2024, TikTok meluncurkan fitur baru bernama Creator Search Insights. Fitur ini hanya bisa muncul di beberapa negara terpilih dan Indonesia termasuk ke dalam salah satunya. 

Dilansir dari TikTok, fitur Creator Search Insights adalah fitur yang membantu content creator untuk mencari inspirasi ide atau topik konten. Dengan begitu, creator dapat menciptakan berbagai konten yang lebih relevan dengan audiens mereka. 

Bagi bisnis yang ingin menciptakan konten yang relevan dengan konsumen, segera jalin kolaborasi dengan content creator melalui Partipost.

Selain menjadi sumber inspirasi, fitur Creator Search Insights juga dapat membantu creator untuk bisa menciptakan konten dengan performa tinggi. Jadi, apabila kamu membuat konten yang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna, maka TikTok akan boost konten tersebut dan kontenmu masuk ke laman FYP.

Baca Juga: Apa Itu TikTok Affiliate? Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

Cara Kerja Fitur Creator Search Insights

Untuk dapat mengakses fitur Creator Search Insights, gunakan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih fitur search dan ketik ‘Creator Search Insights’ dan klik search
  2. Lalu, saat muncul ‘Creator Search Insights’ di paling atas, klik tombol ‘View’
  3. Selesai, kamu sudah bisa mengakses fitur Creator Search Insights

Sementara itu, Creator Search Insights memiliki dua menu utama, yakni Trending dan Suggested. Kedua menu ini akan menampilkan berbagai topik yang paling banyak dicari di TikTok dan kamu juga bisa melihat jumlah views dari masing-masing topik.

Dalam menu Trending, topik yang muncul akan diurutkan berdasarkan kategorinya. Misalnya, fashion, food, sports, tourism, science, dan masih banyak lagi. Content creator juga bisa menyimpan topik-topik ini untuk dijadikan sebagai inspirasi konten kamu ke depannya.

Dalam menu Suggested, kamu akan menemukan berbagai topik terkait dengan jenis konten yang kamu buat. Selain itu, ada juga menu Content Gap yang berisi berbagai topik yang sering dicari di TikTok, tetapi belum banyak video yang membahasnya.

Terakhir, menu Searches by Followers menampilkan topik apa saja yang sering dicari oleh followers kamu. Melalui fitur ini, kamu bisa menciptakan konten yang lebih relevan dan berpotensi tinggi untuk disukai oleh audiens kamu.

Apabila kamu tidak tertarik dengan topik tertentu, pilih dan tekan lama topik tersebut, lalu klik ‘Not Interested’. Dengan begitu, topik yang disarankan akan lebih relevan dengan preferensi akunmu. 

Baca Juga: Peran Penting Komunitas Online bagi Content Creator

Kesimpulan

TikTok Creator Search Insights adalah fitur yang membantu creator mengkategorikan berbagai topik yang banyak dicari oleh pengguna TikTok. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membantu creator mendapatkan inspirasi dan membuat konten yang lebih relevan dengan audiens, sehingga performa akun juga meningkat.

Dengan performa akun yang tinggi, creator memiliki peluang lebih besar untuk bekerja sama dengan brand. Namun, hal ini mungkin akan sulit bagi creator pemula. Oleh karena itu, kamu bisa bergabung ke Partipost untuk bisa berkolaborasi dengan brand ternama sekaligus menambah penghasilan. Yuk, download aplikasi Partipost sekarang!