Fitur Collaboration di Instagram, Apa Manfaatnya bagi Influencer?

Di era digital ini, media sosial telah menjadi platform utama bagi influencer untuk membagikan konten dan membangun komunitas yang kuat. Salah satu media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram. Kini, Instagram memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk mem-posting konten dengan mencantumkan bahwa konten tersebut adalah kolaborasi dengan pengguna lain. 

Source: Instagram Partipost

Dilansir dari Instagram, dalam sebuah konten kolaborasi antara dua akun:

  1. Konten akan di-share ke follower kedua akun 
  2. Konten akan dapat ditemukan di grid profil kedua akun
  3. Jumlah view, like, dan comment akan ditampilkan di kedua akun

Ada berbagai keuntungan dari mencantumkan kolaborasi di konten Instagram dibandingkan dengan tag biasa. Apa saja manfaat yang dihadirkan fitur ini bagi influencer?

Baca juga: Pentingnya Menjadi Influencer yang Beretika di Media Sosial

     1. Meningkatkan exposure

Source: Unsplash

Kolaborasi di Instagram memungkinkan kamu untuk memiliki akses ke dua set follower, yaitu follower kamu sendiri serta follower dari akun yang kamu ajak berkolaborasi. Sebagai contoh, jika kamu mem-posting konten kolaborasi dengan brand atau influencer lain, kamu akan dilihat oleh follower dari brand atau influencer tersebut.Hal ini tentu membantu kamu meningkatkan exposure sehingga kamu menjadi lebih dikenal.

     2. Menambah follower yang relevan

Karena kamu akan muncul di lebih banyak feed pengguna melalui konten kolaborasi, ini bisa menjadi peluang besar untuk mendapatkan follower baru. Jika kamu seorang beauty influencer yang berkolaborasi dengan beauty brand misalnya, kebanyakan follower dari brand tersebut tentu pengguna yang memiliki ketertarikan terhadap beauty. Dengan begitu, semakin besar kemungkinan follower brand untuk follow kamu karena membagikan konten yang sesuai minat mereka. 

Baca juga: 9 Langkah Membangun Karir Sebagai Content Creator

     3. Meningkatkan engagement

Source: Freepik

Dengan mem-posting konten kolaborasi di Instagram, semua like, share, save, dan comment akan muncul pada konten yang sama di kedua akun. Kamu pun dapat berinteraksi dengan pengguna yang tadinya tidak ada dalam lingkup follower kamu. Jangan ragu untuk membalas comment dan membangun komunikasi dengan mereka, karena dengan begitu engagement kamu akan semakin meningkat.

     4. Menunjukkan transparansi

Kepercayaan follower sangat penting bagi setiap influencer. Meski follower tahu bahwa kamu mendapat penghasilan dari mem-posting konten, mereka tetap mengharapkan review yang jujur dari kamu. Dengan menggunakan fitur kolaborasi, kamu turut menjaga kepercayaan follower, karena kamu dengan transparan menunjukkan bahwa konten yang kamu buat adalah konten kerjasama dengan brand. Selain itu, berkolaborasi dengan brand tentu akan membuat kamu terlihat lebih profesional.

Sudah pernah memanfaatkan fitur kolaborasi dari Instagram? Atau masih kesulitan mencari brand yang menjalankan campaign yang cocok denganmu? Yuk bergabung dengan Partipost, influencer marketing platform yang membantu menghubungkan kamu dengan brand! Di Partipost, kamu bisa mencari campaign sesuai minat kamu dari 4000+ brand dan join untuk mendapat reward. Sudah ada lebih dari 1 juta influencer yang tergabung di Partipost di 8 negara Asia. Download sekarang dan jadilah yang berikutnya!